SSH kepanjangan  dari Secure Shell  merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus di dukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yang melakukan pertukaran data. Keduanya harus memiliki SSH server dari sisi komputer server dan SSH klien untuk komputer penerima (klien).

Fungsi SSH dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagainetwork admin di berbagai belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN. Fungsi SSH ini sebenarnya adalah dibuat untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, TELNET dan protokol rsh.

Fungsi lain SSH
1.Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim
2.Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan
3.Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
4.Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.
untuk SSH di butuhkan aplikasi yaitu PUTTY
DOWNLOAD PUTTY
oke langsung saja


  1. install ssh apt-get install ssh -y
  2. masuk ke /etc/ssh/sshd_config lalu agan biasa ubah port sesuai yang agan inginkan
  3. sebenarnya cukup sampai sini juga ssh sudah siap untuk di cek namun kita coba gali lagi lebih jauh.kebawah dan cari "banner" hapus tanda pagar (#)
  4. masuk ke kofig banner /etc/issue.net lalu bisa di edit bebas untuk tampilan banner sshya
  5. unutuk lebih lanjut kita akan membatasi user ssh kita masuk ke /etc/security/security.conf ,gerakan kursor ke paling bawah,lalu tambahkan contoh user root dengan maxlogin 1 maskudnya user root hanya dapat diakses oleh 1 penggna saja,yang kedua user deden dengan maxlogin 2 user deden hanya bisa digunakan oleh 2 pengguna
     
  6. restart ssh service ssh restart
  7. cek buka aplikasi PUTTY isi ip server jangan lupa portnya kalau salah ssh tidak dapat diakes,lalu open
  8. jika ada peringatan pilih YES  saja ,masuk dengan user lalu jangan lupa pass nya

Post a Comment

Previous Post Next Post