assallamualaikum kawan semua ,salam IT udah lama ga posting .ane kali ini akan bahas tentang cara mengatasi OS missing ,nah gan sempet ane ngalamain masalah kaya gini pada saat saya pakai laptop saya dan kemudian saya reboot malah cuma ada tulisan "opreting system not found" ,ane ikir ini masalah mudah di install ulang juga beres seperti semua semua tapi kenyataannya tidak gan,setelah ane cari informasi kesana sini ternyata masalah nya pada bios nya  oke cara mengatasi nya adalah

1. nyalakan laptop dan masuk ke dalam BIOS dengan menekan (ESC/F1/F2/F8/F12/DEL) tergantung laptop masing masing
2.kemudian  ke menu boot lalu ubah setingan UEFI menjadi LEGACY

3.kemudian save dengan menekan F10  setelah restart maka OS pun kemabali seperti semula

nah gan seperti itu ,tapi bagaimana kalau saat nyalain laptop ga bisa masuk bios walaupun sudah tekan semua key untuk masuk bios ,nah untuk masalah ini saya pikir bios nya bermasalah sehingga kita tidak bisa masukk bios ,jadi bagaimana cara mengatasi masalah yang satu ini? oke gan masalahnya bukan karena  BIOS rusak tapi setingan BIOS di set fast boot jadi kita pada saat boot ga bisa masuk BIOS mengatasinya dengan cara membongkar si laptop tersebut dan copot CMOS nya biarkan selama 5 menit lebih tujuan nya adalah mengubah setingan bios ke dafault dengan begini setingan BIOS tidak akan fast boot.

nah setelah ini agan bisa lakukan hal yang sama dengan diatas

oke gan segitu aja dari ane semoga bermanfaat salam IT

Post a Comment

Previous Post Next Post