Hallo gan apa kabar ? semoga saja dalam keadaan sehat .Kali ini ane mau berbagagi ilmu tentang cara membuat laser level,mungkin agan yang jurusan sipil arsitektur dan desain interior sudah tak asing lagi dengan nama "laser level" namun bagi sebagian besar orang belum tau apa itu laser level dan apa fungsi dari laser level itu sendiri .oke lasungsung saja kita bahas

Pengertian dan Fungsi
 
Laser Level adalah alat yang digunakan untuk mengukur keseimbangan suatu bidang. Cara kerja alat ini adalahdengan cara memproyeksikan secara otomatis sinar laser horizontal,vertical,maupun keduanya.jika dulu para pekerja bangunan biasa mengunakan alat ukur tradisional seperti menarik benang ,maupun mengunakan water level untuk mengukur keseimbangan suatu bidang datar .dengan laser level ini ,maka akan mempermudah para pekerja bangunan mengukur keseimbangan secara cepat dan akurat .Laser level ini dapat digunakan dalam berbagai perkerjaan misalnya untuk interior   seperti, pemasangan panel dinding,kusen,keramik ,dan lain sebagainya.


Cara Membuat Laser Level 

 
  
 bahan :
  •  multiplek (Cassing)
  • Motor Listrik DVD / Dinamo Tamiya
  • Swicth ON/OFF
  • Batrai 9V
  • Laser 3V (bisa di dapat di toko mainan/dari handgun mainan )
  • Slide ON/OFF
  • Batrai jam kecil
  • Cermin
     
 Cara membuat :

  1. Buat casing terlebih dahalu seseai dengan item yang akan di pasang di casing gunakan mesin profil supaya  mudah.
  2. masukan item item sesuai dengan layout atau lubang yang telah di buat dengan mesin profil
  3. hubungkan masing masing item dengan kabel supdaya kuat gunakan timah dan solder(pastikan semua berfungsi dengan baik)
  4.  setelah bagian dalam sudah beres sekarang bagian luar yaitu pemasangan laser ke cassing (ana sendiri mengunakan laser yang terdapat pada pestol mainan  soalnya sudah ada slide ON/OFF)
  5. pasang cermin ukuran nya kecil saja ke dinamo fungsi nya untuk memantulkan cahaya laser
  6. Untuk tahap akhir bisa di perindah dengan di cat atau pake veneer.
 Hasil nya:

 

note:( kecerahan laser tergantung qualitas laser jika ingin lebih jelas di area terang maka harga laser pun lebih mahal ,perhatikan pasisi cermin dan laser harus sejajar jangan asal pasang ini mempengaruhi kelulurasan garis)

Oke gan sekian aja dari ane semoga bermanfaat sama preaker .



Post a Comment

Previous Post Next Post