Hallo gan apa kabar semua nya ?kali ini ane mau bahas error "Can’t Connect to File Share Obsolete SMB1 protocol" pertama sempet pusing dengan dengan error ini perassan dari segi konfigurasi gak ada masalah sama sekali baik di windows atau pun di server debian (Samba).pas mau akses windows hanya ada peringatan "Can’t Connect to File Share Obsolete SMB1 protocol"

oke sekian lama cari informasi ternyata ketemu juga letak masalahnya .ternyata ada pada protocol Smb1 yang sudah usang atau jadul ,hmmm mungkin kalian gak akan menemukan masalah ini di windows 8 kebawah ini hanya berlaku pada windows 10 keatas.microsoft menyarankan untuk mengunakan protocol SMB2 atau protokol yang lebih tinggi.

pada windows 10 SMB1 tidak di install secara default karena digantikan oleh protokol yang lebih baru yaitu SMB2 ,jadi cara nya kita harus aktifkan atau install SMB1 secara default . berikut cara carnya:
  • Masuk ke Control Panel >> Programs >>Turn Windows features on or off link
  • Kemudian scroll kebawah ,centang SMB 1.0/CIFS File Sharing Support kemudian klik OK
  • setelah installasi selesai akan ada peingatan untuk me restart komputer/pc klik restart
  • Nah sampai sini proses inistallasi SMB1 sudah sukses maka tinggal tes samba nya buka explore >> network dan akhirnya masalah pun sudah selesai..

     
oke gan sekian dulu dari ane semoga bermanfaat jika masih bingung comment aja di bawah ane siap jawab pertanyaan ,salam satu hobi salam Preaker!!

Post a Comment

Previous Post Next Post