assalamu'allaikum agan agan sekalian ,kali ini ane bahas IF pada MS Excel ,tapi sebelum masuk ke tutorial alangkah bagus nya kita mengenali dulu apa itu Fungsi IF?

Excel menawarkan beberapa alternatif penyelesaian permasalahan, bergantung pada ketentuan yang berlaku untuk masing masing pemecahan. Permasalahan semacam ini  di dalam MS Excel diselesaikan dengan fungsi Logika.

Jika kita mengunakan oprasi logika biasanya di perlukan adanya ekspresi atau pernyataan logika .untuk menggunakan ekspresi atau pernyatan logika, diperlukan salah satu operator relasi (operator pembanding).

Fungsi logika IF yang sering digunakan dalam pengambilan keputusan ada dua fungsi ,yaitu fungsi Lohgikal IF Tunggal dan IF majemuk.


A.Fungsi Logikal IF Tunggal

Fungsi IF tunggal digunakan untuk menyelesaikan suatu ekspresi logika yang mengandung dua perintah .Artinya Logika Bernilai Baner, maka Perintah -1 yang akan di laksanakan .Namun, jika ekspresi logika bernilai SALAH, maka perintah-2 yang akan di laksanakan.



Ketentuan :

Isilah keteangan sebagai berikut:
  • Jika NILAI >=60 maka Keterangannya isi dengan LULUS
  • jika NILAI <60 Maka Keterangan nya isi dengan tidak LULUS


B.Fungsi Logikal IF Majemuk (IF Nested)

Fungsi logika Majemuk artinya di dalam fungsi logika IF dimungkinkan untuk memasukkan fungsi logika IF lagi .Hal ini bisa terjadi apabila alternatif pemecahan masalah yang di tawarkan lebih dari satu .  Berikut contohnya :



Nah sekian dulu pemabahasan tentang Fungsi IF sebenanya masih banyak lagi yang harus di bahas ,kita akan lanjut lagi di kesempatan berikut nya . semoga bermanfaat .


Post a Comment

Previous Post Next Post