Assalamu'alaikum agan agan semuanya balik lagi di rumus excel.kali ini ane bakalan bahas mengenai LOOKUP .Nah sebelum ke rumus alangkah baik nya kita faham dulu pengertian dan fungsi nya supaya gak ngelantur hehe ,bisa ngoding tapi gak tau fungsi apa.Oke kita langsung aja ke materi.

Fungsi lookup

Fungsi lookup ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengunaan formula if. Hanya saja, jika ynag di masukan terlalu banyak ,lebih mudah dan praktis mengunakan fungsi lookup. MS Excel menyediakan fasalitas yang berupa fungsi Lookup untuk mengatasi pencarian data mauoun referensi suatu tabel.
Fungsi Lookup membutuhkan sebuah tabel Lookup yang digunakan untuk menampung alternative jawaban yang ditawarkan. Dengan fungsi VLOOKUP dan fungsi HLOOKUP, kita dapat melacak alternative jawaban yang sesuai dengan ketentuan yang diberikan.
Jika ketentuan di dalam IF merupakan rumus logika, maka ketentuan du dalam fungsi VLOOKUP dan fungsi HLOOUP merupakan sebuah nilai. Nilai ini berupa data numerik (value) atau teks (data karakter)

A.VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP digunakan untuk untuk pembacaan suatu table ,di mana tabel lookup disusun secara vertical. Bentuk umum penulisan fungsi VLOOKUP:

"=VLOOKUP(Nilai Kunci,Range Tabel,Offset Kolom,Range Lookup)"

Nilai Kunci adalah data kunci yang letaknya ada di dalam tabel kerja kita. Nilai kunci dapat berupa data numerik maupun data karakter.

  • Range Tabel adalah range pada table lookup. Sebaiknya sebelum kita membuat fungsi VLOOKUP, tabel ini di definikan terlebih dahulu nama rangenya.
  •  Offset Nomor Kolom adalah nomor kolom yang keterangan, missal tentang GOL, GAJI POKO,dan TUNJANGAN di dalam tabel lookup vertical
  •  Range Lookup argumen ini akan menentukan tingkat ketepatan dalam menemukan data. Isikan False bila kita menginginkan pencarian dilakaukan secara tepat, isikan TRUE atau abaikan argument ini bila kita menginginkan jawaban yang terdekat, bila angka yang tepat tidak ada.
 
Keterangan :

  1.  Isilah kolom Label berdasarkan tabel produk
  2. Untuk mempermudah di dalam pembacaan suatu tabel ,sebaiknya tabel Lookup di beri nama range agar mudah di dalam penulisan
  3.   Mengisi rumus tabel
  4.   Salin rumus tersebut


B.HLOKKUP

Fungsi HLOOKUP di gunakan untuk pembacaan suatu tabel, dimana tabel lookup disusun secara horizontal .bentuk umum penulisan fungsi HLOOKUP:

"=HLOOKUP (Nilai Kunci,Range Tabel,Offsert Baris,Range Lookup)"

 
Keterangan:
  1.  Isilah kolom banyak penjualan MIN dan MAX berdasarkan tabel Jumlah 
  2.     Beri nama range agar mudah di dalam penulisan ,missal Jumlah
  3.  Pada tombol pilihan pilih scope,pilih workbook sheet
  4.     Klik OK 
  5.   Mengisi rumus banyak penjualan MIN dan MAX

Oke sekian tutor kali ini masih banyak lagi rumus rumus yang akan di bahas ,kita bahas di lain waktu ,salam preaker!!

Post a Comment

Previous Post Next Post